Gambaran Gempa 1 Desember 1927

Gambaran Gempa 1 Desember 1927

Gempa yang melanda kawasan teluk Palu, 1 Desember 1927, tidak luput dari pemberitaan surat kabar di masa itu. Surat kabar Nieuwe Rotterdamsche Courant edisi 4 Desember 1927 melaporkan, guncangan tersebut mengakibatkan 14 orang tewas dan lima puluh orang luka-luka.

Kamis (1/12/1938) sore di Donggala, gempa bumi dahsyat dirasakan. Gempa menjalar arah Utara-Selatan. Kantor asisten residen di Donggala runtuh sebagian. Di Palu, dua pasar hancur dan dermaga roboh sebagian. Di Biromaru, sebuah pasar hancur dan kantor lanskap rusak berat.

Gelombang pasang di teluk Palu menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah penduduk asli. Empat belas orang tewas dan terluka. Kerusakan diperkirakan mencapai 50.000 gulden. Gubernur Jenderal telah menyatakan belasungkawa. Asisten residen di Donggala berwenang memberikan bantuan, di mana dia dapat menggunakan uang itu, di wilayahnya.

Bencana alam lokal ini agak serius, tetapi untungnya di wilayah terbatas, di mana laporan di atas hadir, telah terjadi di bagian Barat Laut Utara, di tempat di mana Sulawesi Tengah menyempit ke arah utara, untuk masuk ke dalam strip berbentuk umbul, yang berjalan dalam arah Timur-Barat dengan skala besar.

Teluk Palu menjadi sangat dalam, 30 km panjang dan teluk 7 km di Pantai Barat. Di bagian belakang pantainya rendah dan berubah menjadi luas, berangsur naik, dengan sawah tertutup dataran, di mana Sungai Palu mengalir.

Sisi Barat dan Timur tinggi dan naik tajam dari laut, dengan tebing pantai menyempit ke pegunungan pada 2000 M.

Di beberapa kampung terdepan Donggala. di sudut barat laut teluk, dengan buluh yang cukup bagus. Pada bulan Juli hingga September, kawasan itu bisa sangat berhantu di teluk, ketika hembusan Timur Laut, yang dikenal sebagai pukulan 'baroboo'.

Donggala adalah ibu kota dari lanskap pemerintahan sendiri Banawa, tempat duduk asisten warga Central Celebes dan pengendali Donggala. Perahu-perahu K. P. M. secara teratur melakukan aktivitas.

Populasi tidak memiliki lebih dari beberapa ribu jiwa, kebanyakan Boegines. Ada permukiman Cina dan Arab yang makmur. Pedalaman tidak penting, Donggala tidak punya.
Paloe sekitar satu setengah kali lebih besar dari Donggala; itu terletak di belakang teluk.

Dari sana produknya diekspor dari pedalaman dengan kano ke Donggala.

Hanya beberapa lusin orang Eropa tinggal di seluruh daerah. Gubernur Jenderal De Graeft juga disebut pernah ke Teluk Palu dalam perjalanannya ke timur nusantara.

Dari laporan itu dapat disimpulkan bahwa telah terjadi gempa non-vulkanik di sini. Sulawesi berutang bentuk berubah-ubah yang paling luar biasa, menurut penjelasan dari ahli geologi, lokasinya di suasana pertemuan dua strip labil besar kerak dan bawah tanah bumi bergeser, membuat sendiri fenomena ke permukaan sebagai terdeteksi pada saat ini dilaporkan lagi di sini, berada di ini bagian dari ngarai bumi.

Post a Comment

0 Comments