PLUTONIUM: Wadah Pecinta Cosplay, Anime, Tokusatsu dan Harajuku

PLUTONIUM: Wadah Pecinta Cosplay, Anime, Tokusatsu dan Harajuku



Menonton kartun/anime, membaca komik terbaru, dan bermain video game adalah kebiasaan yang tidak hanya dilakukan oleh anak-anak namun juga oleh orang dewasa. Tidak jarang, kecintaan terhadap tokoh dalam kartun/anime, komik, dan video game, membuat orang seringkali meniru gaya dari tokoh tersebut. Tidak hanya gaya atau gerak tingkah tokoh pujaan yang diikuti, bahkan kostum yang digunakan ikut dikenakan demi menambah kesan keren dan cool. Ada sebuah kepuasan ketika dapat semirip mungkin dengan tokoh pujaan. 
Di Kota Palu, hadir sebuah komunitas yang mewadahi hobi tersebut. Namanya Palu Group Tokusatsu Anime United March atau yang sering disingkat PLUTONIUM. PLUTONIUM merupakan sebuah Komunitas Cosplay, penggemar Anime, Tokusatsu dan Harajuku. Komunitas ini terbentuk pada tanggal 20 Januari 2013.
Ide dari pembentukan Plutonium adalah menyatukan para penggemar Cosplay, Anime, Tokusatsu dan Harajuku (biasa juga disebut otaku), termasuk segala sesuatu yang bernuansa Jepang di Kota Palu agar lebih terorganisir, karena pada dasarnya para penggemar hal tersebut sangat besar di Sulawesi Tengah, khususnya di Kota Palu.
Komunitas ini diprakasai oleh Dito Rizki Riyanto dan Andy Alif Rahman Lembah. Hingga saat ini anggota dari PLUTONIUM tercatat mencapai puluhan orang yang berasal dari sejumlah kalangan dengan beragam kategori usia, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.
Dalam rangka memperkenalkan serta memberikan informasi tentang seputar dunia cosplay, mereka melakukan kegiatan rutinitas mereka yaitu costreet. Costreet sendiri dimaknai sebagai cosplayer yang mendemontrasikan karakter yang dicosplaykan dan dilakukan di tempat umum.
Tempat umum yang rutin disinggahi oleh komunitas ini adalah taman-taman yang tersebar di pusat Kota Palu seperti Taman Vatulemo, Taman Bundaran Kota, dan Anjungan Pantai Talise Tak hanya itu, komunitas ini juga menggelar sejumlah event sebagai wujud apresiasi dari hasil karya kreatif mereka.
Komunitas Plutonium memiliki jadwal event tahunan, yang wajib diselenggarakan, baik pada bulan September maupun Oktober. Event tersebut sudah dua kali dilaksanakan yaitu pada 2013 dan 2014.
Dalam event tersebut, setiap peserta memerankan karakter anime, dari segi kostum, asesoris, gerakan, mimik wajah, lipsinc suara, kesamaaan backround musik, dan terutama penjiwaan karakter.
Dalam mempersiapkan kostumnya, ternyata komunitas Plutonium ini, mengkreasikan sendiri kostum yang akan digunakan. Mereka menggunakan bahan-bahan sederhana untuk merakit kostum yang diinginkan, sekreatif mungkin.  Selain membuat sendiri, ada juga beberapa kostum yang dibeli via online, tetapi kebanyakan kostum merupakan hasil kreativitas sendiri.
Apabila kalian ingin bergabung, komunitas ini setiap hari minggu pukul 16.00 Wita, berada di Taman Lapangan Vatulemo, atau langsung saja datang tempat berkumpul mereka, di Jalan Beringin, No. 13, Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. (Disadur dari berbagai sumber).

Post a Comment

0 Comments