Balaesang di Awal Abad 20

Balaesang di Awal Abad 20

FOTO: Peta kawasan leher pulau Sulawesi yang dibuat oleh R. Boonstra van Heerdt tahun 1910-1912 

Wilayah Balaesang dan Balaesang Tanjung, yang terletak di 100-an kilometer arah utara Kota Palu, memiliki riwayat sejarah yang panjang sebagai sebuah kawasan. Namun, cerita tentang kedua kawasan ini belum terlalu banyak terpublikasi kepada khalayak.

R. Boonstra van Heerdt, dalam tulisannya berjudul De Noorderarm Van Het Eiland Celebes, Van Paloe Tot Bwool, yang terbit di Tijdschrift van Het Koninklijk Nederlandsch Aardrijkskundig Genootschap edisi kedua nomor XXXI tahun 1914, yang menggambarkan beberapa hal terkait situasi kawasan leher pulau Sulawesi, yang membentang dari Palu hingga Buol, salah satunya kawasan Balaesang pada tahun 1911 dan 1912. Tulisan tersebut diambil dari laporan eksplorasi yang dilakukan oleh Boonstra selaku kapten dari staf umum, dari 9 September 1911 hingga 2 Februari 1912 di Afdeeling Midden Celebes. 

Tulisan ini menyebut, tanah genting yang menghubungkan semenanjung Baleisang (Balaesang) dengan daratan utama, terdiri dari dataran rendah dan datar. Di sana pada musim barat, perahu yang lebih suka berlayar menyusuri pantai, enggan berkeliling Tg. Manimbaya untuk berlayar.

Wilayah Baleïsang (Balaisang) disebut dapat dilalui bisa berjalan-jalan, tapi tidak di Tg. Manimbaja, di mana bebatuan tingginya jatuh dengan curam ke laut, dan di atasnya ombak memercik berbusa, saat air surut. Tanjung ini dipotong di sepanjang jalur pegunungan.

Di sepanjang pantai, disebut terdapat serangkaian desa dan dusun, di mana yang terbesar adalah Poemolulu (Pomolulu) dan Malei, yang dibangun secara teratur dan bersih dalam penampilan dan terhubung ke Lewono, melalui jalur yang baik. Kemudian dari Awisang (Awesang), sebuah jalan setapak mengarah ke punggung bukit tanah merah setinggi sekitar 200 meter, ke Dusun Sigoöng (Rano), yang terletak di Danau Baleïsang (Danau Rano). Menurut penduduknya, danau yang banyak terdapat buaya ini sangat dalam, namun kesannya seperti rawa yang luas, karena secara keseluruhan dikelilingi oleh tumbuhan rawa yang luas, termasuk pohon sagu yang tak terhitung jumlahnya.

Dalam tulisan itu disebutkan, dari jauh dan dekat, orang datang ke sini untuk mengambil sagu. Saat kunjungan Boonstra pada September 1911, orang-orang sibuk dengan aktivitas mengambil sagu. Hal ini akibat kekeringan yang berkepanjangan, yang menyebabkan panen padi di ladang hampir gagal total, sedangkan jagung hanya menghasilkan sedikit buah. Pada masa itu, bahan makanan di Teluk Tomini sangat langka, sehingga orang kekurangan pasokan di sana-sini.

Dalam tulisan ini juga disebutkan, meskipun permukaan air danau lebih dari 100 meter lebih tinggi dari permukaan laut, Boonstra yang turun langsung mengunjungi lokasi danau tersebut, belum dapat mendeteksi saluran air danau yang selalu mengalir, di Laboean Meluku (Labuan Meluku) di pantai selatan, dekat Malei. Menurut penduduknya, dikatakan ada hamparan kering berukuran kecil, yang setelah hujan lebat terus menerus, ketika air di danau tinggi, membuangnya ke laut. Selama para penulis berjalan di sekitar semenanjung, mereka tidak melihat saluran air ini dan tidak ditunjukkan oleh pemandu.

Di teluk Tamboe (Tambu), disebut ada sederetan pulau berbatu tinggi, yang endapannya berwarna merah, turun tajam ke laut. Di pulau-pulau ini, yakni Pulau Katoepa, Lalolo, Paneki, Laoet (Laut) dan Pesiso, penghuni kampung seberang Poemoloeloe (Pomolulu) dan Awisang (Awesang) memiliki kebun, di mana mereka tidak terancam oleh banyak babi hutan.

Lebih jauh dari pantai ada pulau Zuidwachter atau Pasoso, yang tidak berpenghuni. Ada beberapa gubuk orang yang tinggal sementara di sana, untuk mencari telur Maleo atau Mamoa, di pasir sepanjang pantai (telur berwarna terakota sebesar kepalan tangan, burung hitam-cokelat dengan leher telanjang).

Telur-telur itu rasanya tidak sebagus telur ayam, tapi bisa dinikmati dengan sangat baik, sebagai telur dadar. Untuk satu telur, mereka membayar 10 sen di Towia (Tovia), 20 sen di Dampelas dan bahkan 30 sen di Bwool (Buol).

Menurut seorang haji pedagang kopra dan rotan Bugis di Towia, penduduk Pomolulu adalah keturunan Bajo Sulu, yang pada jaman dulu, juga di Pangalasian (Panggalasiang), memiliki pemukiman tempat mereka melakukan penggerebekan.

Kampung Tamboe (Tambu) tersebar sebagian di pantai dan sebagian di sepanjang jalan setapak sedikit lebih jauh ke pedalaman, di mana kampung Towia (Tovia) agak kecil, yang dengan boya Moloe (Molui), Toribagi, Pokorat, Tomalas dan Silambea, yang semuanya hanya terdiri dari beberapa rumah, terletak di lembah dalam tempat Sungai Towia mengalir. Lembah ini secara keseluruhan akan menyandang nama Tamboe (Tambu).

Menurut keterangan Kepala Desa Towia, Tamboe (Tambu) diartikan dalam bahasa Bugis sebagai tempat pertemuan, yaitu antara raja-raja Banawa, Sendana, dan Mamuju, yang pada zaman kuno biasa bertemu di sini setahun sekali, menentukan wilayah dan pengaruh lalu kemudian mengumpulkan hasilnya di sana. Namun, yang lain memberikan pandangan yang berbeda, bahwa Tambu dalam bahasa Kaili berarti lubang di pasir yang digali Mamoa atau Maleo, untuk bertelur di sana. Dikatakan, keberadaan Mamua umum di sana.

Selanjutnya, jalan setapak, mengarah ke utara dari Towia ke Sibajoe (Sibayu), melewati dataran rendah dan datar dan mengikuti pantai dengan sangat dekat, terkadang melewati pasir lembut di sepanjang pantai, lalu sedikit lebih jauh ke pedalaman melewati lantai hutan yang berakar pohon. Dalam beberapa kesempatan, kuala dan laguna harus diarungi, tidak ada jejak jembatan yang dapat ditemukan di jalur ini. Kuala di utara Towia dan Sibajoe (Sibayu), harus dilintasi oleh perahu. Jalur ini cukup dilalui dengan baik, dan memiliki keuntungan yang tak ternilai karena teduh dengan baik, yang merupakan kenikmatan nyata di pantai yang sangat panas di bawah khatulistiwa ini.

Melewati Sibajoe (Sibayu), terdapat jalan setapak meninggalkan pantai dan melintasi perbukitan rendah, di mana di sana-sini terdapat bebatuan karang dan terlihat semenanjung Dampelas.


Post a Comment

0 Comments