Penelusuran Sejarah Kerajaan Banawa

Penelusuran Sejarah Kerajaan Banawa



Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Daerah Kota Palu melakukan penelusuran dan pendokumentasian terhadap bukti peninggalan sejarah Kerajaan Banawa, Selasa (8/9/2015).

Peninggalan sejarah tersebut berupa stempel kerajaan dan sebuah naskah kuno yang diperkirakan berasal dari abad ke 18.Penelusuran tersebut dilakukan dengan bantuan seorang tokoh masyarakat bernama H. Ambo Gelli Thaha. Dari penuturannya, tim Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Daerah Kota Palu kemudian melakukan penelusuran.

Pemilik benda peninggalan sejarah tersebut bernama Soekiman Mariwawo. Ia tinggal di Perumahan Tavanjuka Mas, Kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga. Soekiman merupakan pensiunan PNS. Menurut penuturannya, ia merupakan keturunan generasi keempat dari Raja Banawa ke III yaitu Botelembah. 

Lelaki berusia 70an tahun ini menuturkan bahwa stempel Kerajaan Banawa tersebut adalah bukti pelantikan Raja Banawa ke III yaitu Botelembah, yang dilangsungkan di Kerajaan Gowa. Stempel tersebut terbuat dari lempengan besi berbentuk lingkaran yang diukir dengan huruf arab. Di tengahnya terdapat gambar kuda terbang. Jika dilafalkan, tulisan huruf arab tersebut berbunyi “ ilaa jung pandang al anbia’annabi al karim ilaina sultan minbiladilbanawa” yang artinya ke jung pandang (Makassar), untuk penganugrahan gelar yang mulia, kepada kami, sultan dari negeri Banawa.

Post a Comment

0 Comments