Pantai Kampung Nelayan: Sisi Lain Eksotisme Kota Palu

Pantai Kampung Nelayan: Sisi Lain Eksotisme Kota Palu

Jika selama ini kita hanya mengenal Pantai Taman Ria dan Pantai Talise sebagai ikon wisata bahari di Kota Palu, maka sekarang ada objek wisata yang tidak kalah indah dengan kedua pantai tersebut. Masyarakat Kota Palu menyebutnya Pantai Kampung Nelayan. Dinamakan Pantai Kampung Nelayan karena di lokasi pantai ini terdapat sebuah rumah makan dengan nama yang sama dan kawasan sepanjang pantai ini dihuni oleh masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.
    
Pantai Kampung Nelayan merupakan salah satu pantai di Kota Palu yang memiliki panorama yang indah. Dari pantai ini, kita dapat melihat barisan pegunungan Gawalise yang berjejer rapi seolah memagari Teluk Palu. Keindahan tersebut semakin lengkap dengan lingkungan pantai yang masih bersih. Di sepanjang garis pantai, anda dapat menemukan pohon talise (ketapang) yang merupakan cikal bakal penamaan Kelurahan Talise.  

Pantai Kampung Nelayan berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Palu dengan waktu tempuh antara 10-15 menit. Untuk menuju lokasi pantai ini, anda dapat melewati jalur sebelah kiri pada simpang dua jalan Yos Sudarso, jika anda dari arah selatan Kota Palu. Jika anda dari arah utara Kota Palu, anda dapat menempuh rute jalan Yos Sudarso dan belok kiri di simpang tiga menuju Rumah Makan Heni Putri Kaili. Pantai ini berada di wilayah administratif Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore. 

Pantai Kampung Nelayan menjadi tempat yang ideal untuk acara rekreasi keluarga. Selain itu pantai ini biasanya juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam komunitas yang ada di Kota Palu seperti komunitas motor, komunitas pecinta layangan, komunitas sepeda, dan masih banyak lagi. Pantai ini tidak hanya ramai dikunjungi pada hari libur, di hari-hari lainnya pun pantai ini tetap ramai dikunjungi oleh warga Kota Palu.

Pantai ini dapat menjadi tempat bagi anda yang ingin berenang, refreshing, atau sekedar menikmati hembusan angin sambil memanjakan mata dengan pesona hamparan laut dengan panorama pegunungan yang indah berjejer rapi. Air lautnya yang jernih membuat anda dapat melihat langsung ikan-ikan tanpa harus menggunakan peralatan khusus. Semua keindahan ini dapat anda nikmati tanpa dipungut biaya alias gratis. Anda hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan.    
   
Anda juga dapat menikmati serunya berwisata air dengan menggunakan banana boat. Dengan membayar sekitar Rp. 25.000/orang, anda sudah bisa menikmati serunya mengelilingi kawasan Teluk Palu. Saat hari libur, anda juga dapat melihat beberapa pengunjung yang menggunakan jetsky.   

Jika anda lupa atau tidak membawa bekal saat berkunjung ke pantai ini, maka anda tidak perlu khawatir. Di sepanjang pantai ini banyak terdapat pedagang yang menjual aneka jajanan. Kita bisa menemukan jajanan khas Kota Palu seperti putu (penganan dari beras ketan berbentuk seperti lontong yang ditaburi kelapa) yang disantap bersama duo (sejenis ikan kecil). Anda juga dapat menikmati pisang goreng dengan sambal yang pasti menggugah selera anda. Soal harga, anda tidak perlu khawatir karena harga jajanan yang ada sangat terjangkau dan tidak akan merobek kantong anda. Bagi anda yang ingin mencicipi sajian seafood aatu kuliner khas Sulawesi Tengah, ada dua rumah makan di kawasan pantai tersebut yang pastinya akan memanjakan lidah anda.     
 
Suasana pantai Kampung Nelayan akan semakin indah pada sore hari. Kita dapat melihat matahari terbenam di balik pegunungan. Fenomena sunset ini semakin indah dengan pantulan sinar matahari di permukaan air laut yang tampak kuning kemerahan. Mata anda akan serasa dimanjakan dengan fenomena indah tersebut.      
Pada malam-malam tertentu seperti malam Minggu, pantai ini menjadi tempat bagi pasangan muda-mudi untuk pacaran. Setiap malam minggu, pantai ini dipadati oleh banyak pasangan muda-mudi yang pacaran sambil menikmati keindahan Teluk Palu di waktu malam. Kerlap-kerlip lampu dari pemukiman penduduk di sepanjang garis pantai dan pegunungan, serta indahnya Jembatan Kuning yang tersorot lampu dapat anda saksikan dari pantai ini. Jika cuaca sedang cerah, anda juga dapat menikmati keindahan langit yang dipenuhi bintang-bintang dibalut indahnya sinar bulan. Sinar bulan yang terang memantul di permukaan laut dan memancarkan warna kuning keemasan yang berkilauan akan semakin menambah romantisnya suasana.

Bagi anda yang ingin mengisi waktu liburan dengan berwisata namun tidak sempat atau tidak punya waktu untuk berwisata keluar kota, pantai ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda untuk mengisi waktu liburan. Keindahan alami yang merupakan perpaduan antara suasana pantai berbatu yang indah dengan barisan pegunungan sebagai latar belakangnya merupakan view yang dapat memanjakan mata anda. Berkunjung ke Pantai kampung Nelayan pastinya dapat menjadi destinasi liburan anda berikutnya.

Post a Comment

0 Comments