sejarah lokal II

sejarah lokal II

LA GALIGO
19 Agustus 2008 oleh Ar Razi
La Galigo adalah epik terpanjang dunia. Ianya wujud sebelum epik Mahabharata. Ianya mengandungi sebahagian besar puisi ditulis dalam bahasa bugis lama. Epik ini mengisahkan tentang kisah Sawerigading, seorang pahlawan yang gagah berani dan juga perantau. La Galigo tidak boleh diterima sebagai teks sejarah kerana ianya penuh dengan mitos dan peristiwa-peristiwa luar biasa. Walaubagaimanapun, ia tetap memberi gambaran kepada sejarahwan mengenai kebudayaan Bugis sebelum abad ke 14.
Sebahagian manuskrip La Galigo dapat ditemui di perpustakaan-perpustakaan di Eropah, terutamanya di Perpustakaan Leiden. Terdapat juga 600 muka surat tentang epik ini di Yayasan Kebudayaan Sulawesi Selatan dan Tenggara, dan jumlah mukasurat yang tersimpan di Eropah dan di yayasan ini adalah 6000 tidak termasuk simpanan oleh orang perseorangan.
Kitaran Hayat La Galigo

Epik dimulai dengan penciptaan dunia. Ketika dunia ini kosong (merujuk kepada Sulwesi Selatan), Raja Di Langit, La Patiganna, mengadakan suatu mesyuarat keluaraga dari beberapa kerajaan termasuklah Senrijawa dan Peretiwi dari alam ghaib dan membuat keputusan untuk melantik anak lelakinya yang tertua, La Toge’ langi’ menjadi Raja Alekawa (Bumi) dan memakai gelaran Batara Guru. La Toge’ langi’ kemudiannya berkahwin dengan sepupunya We Nyili’timo’, anak kepada Guru ri Selleng, Raja alam ghaib. Tetapi sebelum Batara Guru dinobatkan sebagai raja di bumi, beliau harus melalui suatu tempoh ujian selama 40 hari 40 malam. Tidak lama kemudiannya, beliau pun turun ke bumi, dikatakan turun di Ussu’, sebuah daerah di Luwu’ dan terletak di Teluk Bone. Batara Guru kemudiannya digantikan oleh anaknya, La Tiuleng dengan memakai gelaran Batara Lattu’. Beliau kemudiannya mendapat dua orang anak kembar iaitu Lawe atau La Ma’dukelleng atau Sawerigading (Putera Ware’) dan kembarnya, seorang anak perempuan bernama We Tenriyabeng. Kedua-dua kembar itu tidak membesar bersama dan kemudian Sawerigading, yang pada mulanya menganggap bahawa We Tenriyabeng tidak mempunyai hubungan darah dengannya, ingin berkahwin dengannya. Tetapi disebabkan ini adalah suatu larangan, dia meninggalkan Luwu’ dan bersumpah tidak akan kembali. Dalam perjalannya ke Kerajaan Cina, beliau telah mengalahkan beberapa pahlawan termasuklah pemerintah Jawa Wolio iaitu Setia Bonga. Sesampainya di Cina, beliau berkahwin dengan Datu Cina iaitu We Cudai.
Sawerigading digambarkan sebagai seorang kapten kapal yang perkasa dan antara tempat yang dilawati beliau ialah Taranate (Ternate di Maluku), Gima (Sama ada Bima atau Sumbawa), Jawa Rilau’ dan Jawa Ritengnga (kemungkinan Jawa Timur dan Tengah), Sunra Rilau’ dan Sunra Riaja (kemungkinan Sunda Timur dan Sunda Barat) dan Melaka. Beliau juga dikisahkan melawat syurga dan alam ghaib. Pengikut-pengikut Sawerigading terdiri daripada saudara-maranya dari pelbagai rantau dan rombongannya selalu didahului oleh kehadiran tetamu yang pelik seperti orang bunian, orang berkulit hitam dan orang berambut di dada.
Sawerigading adalah ayahanda I La Galigo (gelaran Datunna Kelling). I La Galigo juga seperti ayahandanya, seorang kapten kapal, seorang perantau, pahlawan mahir dan perwira yang tiada tolok bandingan. Beliau mempunyai empat orang isteri yang berasal dari pelbagai negeri. Seperti ayanhandanya, I La Galigo tidak pernah menjadi raja.
Anak lelaki I La Galigo iaitu La Tenritatta’ adalah yang terakhir di dalam epik itu untuk dimahkotakan di Luwu’.
Kitaran epik ini merujuk kepada waktu dimana penempatan Bugis berada di persisiran pantai Sulawesi. Ini dibuktikan dengan bentuk setiap kerajaan ketika itu. Penempatan awal ketika itu berpusat di muara sungai dimana kapal-kapal besar boleh melabuh dan pusat pemerintah pula terletak berdekatan dengan muara. Pusat pemerintahan mengandungi istana dan rumah-rumah orang atasan. Berdekatan dengan istana terdapat Rumah Majlis (Baruga) berfungsi untuk tempat bermesyuarat dan tempat menyambut pedagang-pedagang asing. Kehadiran pedagang-pedagang asing amatlaj dialu-alukan di kerajaan Bugis ketika itu. Selepas membayar cukai, barulah pedagang-pedagang asing boleh berniaga. Selalunya, pemerintah berhak berdagang dengan meraka menggunakan sistem barter, diikiuti golongan atasan atau bangsawan dan kemudiannya orang kebanyakkan. Perhubungan antara kerajaan adalah memalui jalan laut dan golongan muda bangsawan selalunya diarah untuk merantau sejauh yang mungkin sebelum memikul sebarang tanggungjawab dan Sawerigading dikatakan sebagai model mereka.
La Galigo di Sulawesi Tengah
Nama Sawerigading I La Galigo cukup terkenal di Sulawesi Tengah. Ini membuktikan bahawa kawsan ini mungkin pernah diperintah oleh kerajaan purba Bugis iaitu Luwu’.
Sawerigading dan anaknya I La Galigo bersama dengan anjing peliharaanya, Buri, pernah merantau melawat lembah Palu yang terletak di pantai barat Sulawesi. Buri, yang digambarkan sebagai seekor binatang yang garang, dikatakan berjaya mengundurkan laut ketika I La Galigo bertengkar dengan Nili Nayo, seorang Ratu Sigi. Akhirnya, lautan berdekatan dengan Loli di Teluk Palu menjadi sebuah tasik iaitu Tasi’ Buri’ (Tasik Buri).
Berdekatan dengan Donggala pula, terdapat suatu kisah mengenai Sawerigading. Bunga Manila, seorang ratu Makubakulu menjemput Sawerigading bertarung ayam. Akan tetapi, ayam Sawerigading kalah dan ini menyebabkan tercetusnya peperangan. Bunga Manila kemudiannya meminta pertolongan kekandanya yang berada di Luwu’. Sesampainya tentara Luwu’, kekanda Bunga Manila mengumumkn bahawa Bunga Manila dan Sawerigading adalah bersaudara dan ini mengakhiri peperangan antara mereka berdua. Walaubagaimanapun, Bunga Manila masih menaruh dendam dan dengan itu mengarahkan anjing beliau, Buri (anjing hitam), untuk mengikuti Sawerigading. Anjing itu menyalak tanpa henti dan ini menyebabkan kesemua tempat mereka lawati menjadi daratan.
Kisah yang lainnya yang terdapat di Donggala ialah I La Galigo dikatakan terlibat dalam laga ayam dengan orang Tawali. Di Biromaru, beliau berlaga ayam dengan Ngginaye atau Nili Nayo. Ayam Nili Nayo dinamakan Calabae manakala lawannya ialah Baka Cimpolo dan ayam I La Galigo kalah dalam perlagaan itu. I La Galigo kemudiannya meminta pertolongan daripada ayahandanya, Sawerigading. Sesampainya Sawerigading, beliau mendapati bahawa Nili Nayo adalah bersaudara dengan I La Galigo, kerana Raja Sigi dan Ganti adalah sekeluarga.
Di Sakidi Selatan pula, watak Sawerigading dan I La Galigo adalah seorang pencetus tamadun dan inovasi.
La Galigo Di Sulawesi Tenggara
Ratu Wolio pertama di Buntung di gelar Wakaka, dimana mengikut lagenda muncul dari buluh (bambu gading). Terdapat juga kisah lain yang menceritakan bahawa Ratu Wolio adalah bersaudara dengan Sawerigading. Satu lagi kisah yang berbeza iaitu Sawerigading sering ke Wolio melawat Wakaka. Beliau tiba dengan kapalnya yang digelar Halmahera dan berlabuh di Teluk Malaoge di Lasalimu.
Di Pulau Muna yang berdekatan, pemerintahnya mengaku bahawa beliau adalah keturunan Sawerigading atau kembarnya We Tenriyabeng. Pemerintah pertama Muna iaitu Belamo Netombule juga dikenali sebagai Zulzaman adalah keturunan Sawerigading. Terdapat juga kisah lain yang mengatakan bahawa pemerintah pertama berasal dari Jawa, kemungkinan dari Majapahit. Permaisurinya bernama Tendiabe. Nama ini mirip dengan nama We Tenyirabeng, nama yang di dalam kisah La Galigo, yang berkahwin dengan Remmangrilangi’, bermaksud ‘Yang Tinggal Di Syurga’. Terdapat kemungkinan Tendiabe adalah keturunan We Tenyirabeng. Pemerintah kedua, sama ada anak kepada Belamo Netombule atau Tendiabe atau kedua-duanya, bernama La Patola Kagua Bangkeno Fotu.
Manakala nama-nama bagi pemerintah awal di Sulawesi Tenggara adalah mirip dengan nama-nama di Tompoktikka, seperti yang tercatat di dalam La Galigo. Contohnya Baubesi (La Galigo: Urempessi). Antara lainnya ialah Satia Bonga, pemerintah Wolio(La Galigo: Setia Bonga).
La Galigo Di Gorontalo
Lagenda Sawerigading dan kembarnya, Rawe, adalah berkait rapat dengan pembangunan beberapa negeri di kawasan ini. Mengikut lagenda dari kawasan ini, Sarigade, putera Raja Luwu’ dari negeri Bugis melawat kembarnya yang telah hidup berasingan dengan ibubapanya. Sarigade datang dengan beberapa armada dan melabuh di tanjung Bayolamilate yang terletak di negeri Padengo. Sarigade mendapat tahu bahawa kembarnya telah berkahwin dengan raja negeri itu iaitu Hulontalangi. Maka, beliau bersama-sama dengan kekanda iparnya bersetuju untuk menyerang beberapa negeri sekitar Teluk Tomini dan membahagikan kawasan-kawasan itu. Serigade memimpin tentera berkeris manakala Hulontalangi memimpin terntera yang menggunakan kelewang. Setelah itu, Sarigade berangkat ke Cina untuk mencari seorang gadis yang cantik dikatakan mirip dengan saudara kembarnya. Setelah berjumpa, beliau terus berkahwin dengannya.
Terdapat juga kisah lain yang menceritakan tentang pertemuan Sawerigading dengan Rawe. Suatu hari, Raja Matoladula terlihat seorang gadis asing di rumah Wadibuhu, pemerintah Padengo. Matoladula kemudiannya berkahwin dengan gadis itu dan akhirnya meneyedari bahawa gadis itu adalh Rawe dari kerajaan Bugis Luwu’. Rawe kemudiannya menggelar Matoladula denhan gelaran Lasandenpapang.
La Galigo Di Malaysia Dan Riau
Kisah Sawerigading cukup terkenal di kalangan keturunan Bugis dan Makasar di Malaysia. Ianya dibawa sendiri oleh Bugis yang bermigrasi ke Malaysia. Terdapat juga unusur Melayu dan Arab diserap sama.
Ketika abad 15, Melaka di bawah pemerintahan Sultan Mansur Syah diserang oleh ‘Keraing Semerluki’ dari Makassar. Semerluki yang disebut ini berkemungkinan adalah Karaeng Tunilabu ri Suriwa, putera pertama kerajaan Tallo’, dimana nama sebenarnya ialah Sumange’rukka’ dan beliau berniat untuk menyerang Melaka, Banda dan Manggarai.
Perhubungan yang jelas muncul selepas abad ke 15. Pada tahun 1667, Belanda memaksa pemerintah Goa untuk mengaku kalah dengan menandatangani Perjanjian Bungaya. Dlaam perjuangan ini,Goa dibantu oleh Arung Matoa dari Wajo’. Pada tahun berikutnya, kubu Tosora dimusnahkan oleh Belanda dan sekutunya La Tenritta’ Arung Palakka dari Bone. Ini menyebabkan ramai Bugis dan Makassar bermigrasi ke tempat lain. Contohnya, serombongan Bugis tiba Di Selangor dibawah pimpinan Daeng Lakani. Pada tahun 1681, seramai 150 orang Bugis menetap di Kedah. Manakala sekitar abad ke 18, Daeng Matokko’ dari Peneki, sebuah daerah di Wajo’, menetap di Johor. Sekitar 1714 dan 1716, adik beliau, La Ma’dukelleng, juga ke Johor. La Ma’dukelleng juga digelar sebagai Ketua Lanun oleh Belanda.
Walaubagaimanapun, keturunan Opu Tenriburong memainkan peranan penting dimana mereka membuat penempatan di Kuala Selangor dan Klang keturunan ini juga turut dimahkotakan sebagai Sultan Selangor dan Sultan Johor. Malahan, kelima-lima anak Opu Tenriburong memainkan peranan yang penting dalam sejarah di kawasan ini. Daeng Merewah menjadi Yang Dipertuan Riau, Deang Parani berkahwin dengan puteri-puteri Johor, Kedah dan Selangor dan juga ayanhanda kepada Opu Daeng Kamboja (Yang Dipertuan Riau ke tiga), Opu Daeng Menambun (menjadi Sultan Mempawah dan Matan), Opu Daeng Cella’ (berkahwin dengan Sultan Sambas dan keturunannya menjadi raja di sana).
Pada abad ke 19, sebuah teks Melayu iaitu Tuhfat al-Nafis mengandungi cerita-cerita seperti didalam La Galigo. Walaubagaimanapun, terdapat perubahan-perubahan dalam Tuhfat al-Nafis seperti permulaan cerita adalah berasal dari Puteri Balkis, Permaisuri Sheba dan tiada cerita mengenai turunnya keturunan dari langit seperti yang terdapat di dalm La Galigo. Anak perempuannya, Sitti Mallangke’, menjadi Ratu Selangi, sempena nama purba bagi pulau Sulawesi dan berkahwin dengan Datu Luwu’. Kisah tidak terdapat dalam La Galigo. Walaubagaimnapun, puteranya iaitu Datu Palinge’ berkemungkinan sama dengan watak didalam La Galigo.
Sumber : wikipedia
Posted in SEJARAH LUWU | No Comments »
Older Posts »

Berita Opini Rabu, 19 Agustus 2009
Donggala Kabupaten Bersejarah
Oleh: Sahriar A. Lamakampali*)

Menurut buku Sejarah Donggala yang saya baca, sebutan Donggala bersumber dari Don’Nggolo, nama kapten kapal Spanyol yang merapat di muara Teluk Palu pada 1.200 untuk mengisi air tawar. Sebutan Don’Nggolo kemudian berubah menjadi Donggala sesuai dialek setempat dan sejak itu kata Donggala mulai diperkenalkan.
Masyarakat Donggala terutama di Banawa meyakini bahwa asal mula nenek moyang mereka berasal dari tanah sanggamu atau tanah segenggam yakni satu genggam untuk laki-laki yang bernama Mulajadi dan satu genggam pula untuk perempuan yang bernama Jurawa Ntana yang selanjutnya mereka berdua menjadi sepasang suami istri.
Versi lain, menyebutkan bahwa ketika Toma langgai berkuasa di Donggala dalam satu kesempatan masuk hutan berburu rusa, di tengah hutan ia menemukan serumpun bambu kuning yang indah sehingga menarik perhatiannya. Toma langgai memerintahkan anak buahnya menebang pohon bambu itu untuk dibawa pulang. Akan tetapi setiapkali parang pengikut Toma langgai mengenai bambu terdengar suara perempuan menjerit kesakitan dari dalam bambu. Ketika itu muncul seorang perempuan yang sangat cantik membuat Toma langgai kagum sekaligus mengakui bahwa perempuan ini adalah penjelmaan dewi kayangan yang populer dengan sebutan To Manuru. Kekaguman Toma langgai berbuntut pada keinginan untuk menjadikan istri. Hasil perkawinan Toma langgai dan To manuru kemudian melahirkan keturunan yang menetap di Donggala.
*)Sahriar A. Lamakampali adalah Ketua KNPI Kabupaten Donggala

Lasaeo & Rumongi
Tongo tuwu pa ngkai’ta I’pua, Jelamo ta’u manuru Melamba n’cari Baula mabuya, Ri dongi Pontu ka tudu
I lasaeo To mo ngoronya , Pai we anya ru mongi to onya. Ungka katuwu tau ri rano, Lawi nya nda po mada go
Lirik lagu ini masih tergiang-giang ditelinga penulis. bila dibahasa indonesikan artinya berbunyi demikian
Ketika jaman nenek moyang dahulu kala, Turun lah seorang sakti dari langit Mengendarai seekor kerbau putih, Dan mendarat disekitar Dongi ( daerah pamona sekarang )
Namanya Lasaeo dan Rumongi nama istrinya. sejak Keberadaan mereka kehidupan disekitar danau menjadi tentram.
Lengenda Lasaeo dan Rumongi merupan cerita rakyat yang menjelaskan asal-usul masyarkat Pamona dan poso saat ini. Dikisahkan Lasaeo adalah seorang suci dan sakti mandraguna. Turun dari khayangan ke daratan Pamona dengan mengendarai seekor kerbau putih gemuk. Lasaeo dideskripsikan sebagai si bijaksana dan baik hati. Suatu hari Lasaeo tertegun melihat keadaan dan kehidupan masyarakat Pamona mula-mula yang serba kesusahan dan menderita. Dengan kesaktian dan kepandaiannya ia kemudian mengajarkan cara bercocok tanam dan mengolah hasil bumi yang lebih baik. Sejak keberadaannya didaerah tersebut kehidupan masyarakat disana berangsur-angsur membaik.
Dalam kehidupannya di Bumi, Lasaeo kemudian dikisahkan jatuh cinta kepada seorang gadis cantik jelita. gadis itu merupakan anak seorang raja setempat yang bernama Rumongi. Dan Alkisah mereka kemudian menikah serta dikaruniai seorang anak laki-laki. hari-hari bahagiapun dijalani oleh Lasaeo dan Rumongi dengan indah.
suatu malam Lasaeo menceritakan tantang sebuah pantangan yang tidak boleh ia lakukan dibumi. Yakni mememegang kotoran manusia. Sebab Lasaeo adalah seorang mahluk suci dan kotoran yang dia keluarkan berbeda dengan manusia ia ( Lasaeo ) selalu mengeluarkan katak sebagai hajatnya. ^^
Suatu hari ketika Lasaeo sedang menimang anaknya, si anak membuang hajat. Lasaeo kemudian menyuruh istrinya untuk membersikan kotoran si anak. Akan tetapi dengan nada gusar istrinya (Rumongi ) menolak perintahnya sebab ia (Rumongi ) sendiri sedang membersikan beras untuk dimasak, penolakan itu menyebabkan petaka yang berakhir tragis. Lasaeo yang sangat marah meletakan anaknya dan pergi mengambil parang (sejenis pedang pendek ). kemudian dengan geram dihunusnya pedang saktinya itu ke kerbau putih kesayangannya. kemarahan tersebut berimbas pada kerbau malang itu dan dengan sekali tebasan kepala si kerbau putih itu terpental jauh ke daerah lain. ( lupa daerahnya ). setelah amarahnya cukup meredah Lasaeo kemudian memanggil sejenis tali hutan yang turun dari langit. Dengan perasaan yang bercampur aduk, Ia pun menaiki tali tersebut dan pergi kekhayangan.
Rumongi yang sadar telah membuat Lasaeo marah mengambil anaknya dan mengikatkannya kebelakang punggungnya dengan seutas kain dan sambil menangis Rumongi berlari mengikuti suaminya, memanjat tali hutan tersebut. akan tetapi sebelum Rumongi mencapai khayangan Lasaeo terlebih dahulu memotong tali langit yang masih menjuntai ke bumi sebab ia sadar mereka memiliki dunia yang berbeda. Alkisah kemudian Rumongi bersama anaknya jatuh kembali ke Bumi ( daerah dongi pamona utara ) dan jasad mereka membatu terlilit oleh tali hutan di atas sebuah bukit kecil yang sekarang merupakan perbatasan Tentena-Sao’jo.
konon barang siapa yang melalui daerah tersebut dan membawa anak-anak kecil tanpa menutupi kepala anak itu, akan tertimpa bencana seperti sakit, atau panas demam. Menurut kepercayaan sosok rumogi yang membatu akan marah bila anak kecil yang melewati daerah tersebut tidak mengenakan penutup kepala.
Diposkan oleh Pamona_Zone di 20:36
Label: Story (legend )


LINTASAN SEJARAH
Seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia Sulawesi Tengah memiliki perjalanan sejarah yang panjang dan, tentu saja, tidak bisa dilepaskan dari sejarah Nusantara secara keseluruhan. Sulawesi Tengah telah memiliki penghuni tetap sejak zaman prasejarah.
Ciri-ciri fisik penduduk asli Sulawesi Tengah memiliki kemiripan dengan suku-suku bangsa asli Indonesia lainnya yang berasal dari percampuran antara bangsa Wedoid dan Negroid. Penduduk asli keturunan kedua ras tersebut kemudian berkembang menjadi suku-suku baru menyusul datangnya gelombang perpindahan bangsa Proto-Melayu pada tahun 3000 SM dan Deutro-Melayu pada sekitar 300 SM.
Di beberapa daerah di Sulawesi Tengah, misal di tepian Danau Poso, telah ditemukan berbagai peralatan dalam bentuk kedudayaan Dongson (perunggu) dari zaman Megalitikum. Barang-barang tersebut berupa kapak-kapak dan gelang-gelang perunggu, manik-manik dan kulit-kulit siput, di samping sumpit dan jerat untuk berburu. Beberapa suku terasing masih mempergunakan alat-alat seperti itu.
Namun karena saking tuanya Sulawesi Selatan sebagai daerah hunian manusia, beberapa cerita rakyat misalnya yang cukup populer di Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala - mengklaim nenek moyang mereka adalah keturunan langsung dari manusia pertama yang diciptakan Tuhan. Ceritanya mirip kisah Adam dan Hawa.
Alkisah, Tuhan menciptakan manusia dari dua genggam tanah. Yang satu menjadi seorang lelaki bernama Muljadi dan satu genggam lagi menjadi seorang perempuan bernama Juruantanah. Namun, jika Muljadi memiliki organ sempura, Juruantanah tidak. Alat kelaminnya tidak sempurna dan harus diperbaiki dulu oleh Muljadi dengan menggunakan tulang rusuk kirinya sebelum mereka menjadi suami-istri.
Suku Tomini, yang terdiri dari dua subsuku (Tialo dan Lauje), di Teluk Tomini juga terdapat mitos serupa. Mereka mengaku nenek moyangnya adalah Saya Vuntu (perempuan) dari bumi dan Tompido (laki-laki) yang turun dari langit. Dari pasangan ini lahir empat anak dua laki-laki dan dua perempuan yang kemudian menjadi dua pasang suami-istri. Dari pasangan Wulan Membua-Yelelumpu lahir anak-anak yang kelak menjadi suku Tialo (Tomini) dan menghuni daerah pesisir. Sedangkan Yelelumut-Sai Mandulang menurunkan suku Lauje yang menghuni daerah pegunungan.
Dari tradisi lisan juga diketahui adanya periode-periode To Manurung, atau utusan dari kayangan, yang merupakan perlambang kedatangan penguasa-penguasa dari luar untuk membawa perbaikan. dalam kehidupan bermasyarakat dan pemerintahan. Yang menarik, setiap To Manurung tadi selalu digambarkan datang di tengah-tengah suku atau masyarakat yang sudah ada. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa yang dimitoskan. sebagai utusan dari kayangan itu mungkin saja merupakan figur pemimpin atau penakluk yang berasal dari kaum pendatang.
Sebagai daerah yang memiliki kekayaan alam berlimpah, Sulawesi Tengah tentu saja mengundang kedatangan kaum migran dari berbagai kawasan, yang kemudian menimbulkan gelombang perpindahan dan pada akhirnya menghasilkan percampuran kebudayaan antara penghuni lama dengan pendatang baru.
Berdasarkan perbedaan ciri-ciri fisik, kebudayaan dan dialek bahasa, suku-suku bangsa di Sulawesi Tengah dapat dibagi ke dalam tiga kelompok besar: Palu Toraja, Koro Toraja, dan Poso Toraja. Manakah di antara ketiga kelompok besar ini yang mula-mula berpindah dari tanah asalnya? Dan di manakah kira-kira perpindahan itu dimulai?
Sarjana Swedia Walter Kaundem dalam bukunya Migration of Toraja in Central Celebes menyimpulkan bahwa ketiga kelompok tersebut - Palu, Koro dan Poso - menempuh dua rute pokok dalam perjalanan mereka. Perpindahan mereka diperkirakan dimulai dari suatu tempat di Malili Tenggara, Teluk Bone, terus ke barat laut dan singgah di kawasan pegunungan di sebelah barat Danau Poso. Dari tepi Danau Poso mereka menyebar lagi ke barat, barat daya, utara sampai ke daerah pegunungan Toli-Toli dan pantai Teluk Tomini. Mereka juga menempati daerah pantai utara dan pantai timur laut Sulawesi. Pada rute yang satu lagi mereka bergerak ke utara dan kemudian bercabang ke timur laut dan ke barat laut.
Rute perpindahan yang pertama diperkirakan dilakukan oleh kelompok Koro Toraja, kemudian disusul oleh Poso dan Palu. Perpindahan yang terjadi kemudian merupakan perpindahan penduduk timur dan bergerak lebih jauh ke utara dan barat laut.
Dari cerita rakyat diketahui bahwa di dekat Danau Poso terdapat monumen yang dibangun oleh nenek moyang mereka untuk memperingati perpisahan mereka sebelum menyebar ke arah empat mata angin. Monumen tersebut berbentuk tonggak batu (menhir). Ketiga kelompok besar itu terbagi lagi ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil dan bergerak terus. Ada yang kemudian menetap di lembah Palu, ada yang mendiami Teluk Tomini dan ada yang terus menyeberang lautan dan mencapai pulau-pulau Togian di bagian timur laut. Yang lainnya bahkan mencapai daerah barat daya Parigi. Kelompok - kelompok kecil tersebut kemudian menciptakan suku-suku baru. Kebiasaan berpindah-pindah itu diperkirakan berhenti pada abad ke-18.
Sejarah Sulawesi Tengah sampai akhir abad ke-13 boleh dikatakan gelap sama sekali. Minimnya sumber tertulis menyulitkan penulisan sejarah tentang kerajaan-kerajaan kuno di daerah tersebut.
Pada waktu itu di Sulawesi Tengah sudah berdiri sejumlah kerajaan, seperti Kerajaan Banawa, Kerajaan Tawaeli, Kerajaan Sigi, Kerajaan Bangga, dan Kerajaan Banggai. Buku Negara kertagama yang ditulis oleh Empu Prapanca pada tahun 1365 menyebutkan daerah Banggai sebagai salah satu wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Menurut cerita rakyat, Raja Banggai Adi Lambal memang pernah menyerahkan pemerintahannya kepada seorang raja dari jawa, yang mengawini salah seorang iparnya. Raja jawa tersebut digelari Tomundo Doi Jawa.
Menurut cerita rakyat, pusat pemerintahan Kerajaan Banawa Kuno terletak di suatu tempat di gunung yang dinamai Kainggurui dan nenek moyang rajanya berasal dari sejenis tumbuhan-tumbuhan yang mengandung banyak air, namanya Lian. Setelah permaisurinya "kembali ke langit", Raja Lian kawin lagi dengan seorang wanita yang menjelma dari satu tangkai bambu kuning. Dari perkawinan ini lahir seorang anak perempuan bernama Gonenggati yang kemudian memberi Lian tujuh orang cucu enam laki-laki dan satu perempuan. Keenam anak laki-laki tersebut masing-masing menyebar ke daerah-daerah lain, menikah dengan wanita setempat dan kemudian menjadi penguasa di daerah baru tersebut.
Kisah tentang asal-usul kerajaan-kerajaan lainnya juga tidak jauh berbeda dengan asal-usul Kerajaan Banawa. Penguasa Kerajaan Tawaeli, misalnya, juga diceritakan berasal dari penjelmaan daun. Di antara kedua kerajaan tersebut pernah terjadi peperangan yang berkepanjangan karena persoalan perempuan.

SEJARAH PERKEMBANGAN TAU TAA WANA
A. Asal Usul Tau Taa Wana
Jika merujuk pada asumsi para sejarawan,1) leluhur Tau Taa Wana di duga
berasal dari suatu tempat di bagian Selatan Tenggara Pulau Sulawesi, tepatnya
pada bagian Barat Daya atau Barat Laut Malili, di sebelah Tenggara Teluk Bone.
Mereka berada di wilayah pemukiman sekarang, melalui fase migrasi gelombang
kedua pada masa pra-sejarah.
Dari ciri-ciri fisik, kebudayaan material maupun dialek bahasa, Tau Taa
Wana digolongkan dalam kelompok suku besar ‘Koro Toraja’ dengan rute migrasi
awal dari muara antara Kalaena dan Malili kemudian menyusuri Sungai Kalaena
dan terus menuju bagian Utara melewati barisan Pengunungan “Tokolekaju”
hingga akhirnya sampai di bagian Tenggara Pesisir Danau Poso. Selanjutnya
leluhur Tau Taa Wana bergerak ke arah Timur Laut menyisir lereng Gunung
Kadata menuju dataran Walati (Lembah Masewa) yang dialiri Sungai La, dan terus
bergerak menyusuri Sungai Kuse sampai akhirnya tiba di daerah hulu Sungai Bau.
Dari sini mereka terus bergerak bermigrasi ke arah Timur hingga akhirnya sampai
di hulu Sungai Bongka, tepatnya di wilayah Kaju Marangka.2)
Di wilayah Kaju Marangka ini, sebagian kelompok migran menetap dan
berkembang menjadi kelompok etnik Tau Taa Wana. Dalam perkembangan
selanjutnya, etnik Tau Taa Wana kemudian menyebar dan mengelompok menjadi
1) Lihat misalnya, Dirjen Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, ”Sejarah Sulawesi Tengah: Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-
Nilai Budaya Sulawesi Tengah”, 1996/1997.
2) Oleh komunitas Tau Taa Wana Bulang diyakini bahwa wilayah Kaju Marangka – masuk
dalam wilayah Cagar Alam Morowali – adalah pusat penyebaran Tau Taa Wana, dan disinilah
pada awalnya mereka bermukim yang kemudian menyebar keberbagai wilayah perladangan dan
permukiman yang dapat dijumpai sampai sekarang.
22
4 suku sebagaimana disimpulkan oleh A.C. Kruyt.3) Menurut Kruyt, dari segi
dialek bahasa, Tau Taa Wana terbagi atas 4 suku, sebagai berikut: 4)
1. Suku Burangas, berasal dari Luwuk dan bermukim di Lijo, Parangisi,
Wumanggabino, Uepakatu, dan Salubiro;
2. Suku Kasiala, berasal dari Tojo Pantai Teluk Tomini dan kemudian berdiam di
Manyoe, Sea, serta sebagian di Wumanggabino, Uepakatu, dan Salubiro;
3. Suku Posangke, berasal dari Poso dan berdiam di wilayah Kajupoli, Taronggo,
Opo, Uemasi, Lemo dan Salubiro;
4. Suku Untunue, mendiami Ue Waju, Kajumarangka, Salubiro, dan Rompi.
Kelompok suku ini tergolong masih tertutup dan liar.
Keempat dialek bahasa yang membagi etnik Tau Taa Wana menjadi 4 suku
tersebut diatas, sesungguhnya menurut Jane Monnig Atkinson, adalah varian
dialek dalam bahasa Pamona. Oleh karenanya, Atkinson menyimpulkan bahwa
Tau Taa Wana merupakan sub-etnis dari kelompok etnolinguistik Pamona, yang
kebanyakan mendiami wilayah-wilayah di sekitar Sungai Bongka, Ulu Bongka,
Bungku Utara dan Barong.5)
Asumsi sejarah asal-usul yang digambarkan di atas, relatif mendapat
pembenaran dari para tetua-tetua Tau Taa Wana pada lipu-lipu yang menjadi
lokasi studi ini.6) Mereka meyakini bahwa leluhur pertama mereka merupakan
3) Kruyt adalah seorang Antopolog Belanda, dan sekaligus Misionaris yang bermukim di
wilayah Tentena sekitar awal abad ke XX, dan menulis buku berjudul De To Wana op Oost-Celebes:
Tijdschrift voor Indische taal, land, en volkenkunde, 1930.
4) Kruyt, dalam Yayasan Sahabat Morowali, Hutan dalam Pandangan Orang Wana, Laporan Studi,
1998, halaman 1.
5) Untuk jelasnya, lihat Jane Monnig Atkinson, The Art and Politics of Wana Shamanship,
University of California Press, Barkeley, 1989. Bandingkan juga dengan Barbara Grimes(Editor),
Ethnologue Sulawesi, Part of Ethnologue, 13 th Edition Copyright @ 1996, Summer Institute of
Linguistic, Inc.
6) Diantaranya Apa Jodo (Tetua Adat Lipu Mpoa), hasil wawancara tanggal 7 Maret 2004; serta
Apa Nsewu (Tetua Adat LipuTikore), dalam Nasution Camang, Tau Taa Wana Bulang, Bergerak
untuk Berdaya, YMPP dan Regnskogsfondet Indonesia, 2003.
23
titisan dari langit yang diturunkan di suatu tempat di Kaju Marangka, yaitu
Tundantana. Mereka juga mengatakan, ada enam tempat utama yang menjadi cikal
bakal penyebaran komunitas Tau Taa Wana sampai sekarang, yaitu Kaju Marangka,
Tongku Tua, Vatumoana, Salubiro, Kaju Kelei, dan Sarambe. Lima tempat berada di
wilayah Cagar Alam Morowali dan satu tempat masuk dalam wilayah adat Lipu
Mpoa yaitu Sarambe, yang dalam keyakinan tetua adat Tau Taa Wana di kawasan
sepanjang kawasan aliran sungai Bulang, dipercaya sebagai tempat makam
leluhur Tau Taa Wana. 7)
Tetua-tetua adat Tau Taa Wana di lokasi studi percaya, bahwa silsilah
leluhur mereka yang pertama adalah seorang perempuan bernama Ngga yang
diturunkan ke bumi oleh Pue (Tuhan) dan seorang laki-laki bernama Mbakale yang
menitis dari sebatang kayu besar, kaju paramba’a.8) Keduanya kemudian kawin dan
melahirkan dua orang anak. Anak pertama bernama Manyamrame (perempuan),
dan yang kedua bernama Manyangkareo (laki-laki).
Setelah dewasa, Manyamrame dan Manyangkareo dikawinkan. Dari hasil
perkawinan tersebut, lahir tujuh orang anak, masing-masing: Jambalawa
(perempuan), Sansambalawa (laki-laki), Lapabisa (perempuan), Vuampuangka (lakilaki),
Pini (perempuan), Animasa (laki-laki), dan Adimaniyu (perempuan).
Selain Pini yang tetap melajang di Kaju Marangka hingga membatu menjadi
watumoana (batu beranak),9) keenam saudaranya saling dikawinkan-mawinkan,
masing-masing: Jambalawa dengan Animasa (merantau ke tanah gowa dengan
7) Secara arkeologis, sebuah gua kecil di gunung Sarambe yang dipercaya sebagai tempat
pemakaman leluhur Tau Taa Wana, pada kenyataan memang masih dapat dijumpai sisa-sisa situs
purbakala berupa pecahan gumbang dan patung-patung kecil yang dibuat dari tembikar.
8) Mitologi asal-usul (silsilah) Tau Taa Wana dikutip dari penuturan Apa Nsewu, tetua adat Tau
Taa Wana di Lipu Tikore, dalam Nasution Camang, Op. cit., halaman 15-17.
9) Dalam beberapa versi, mitologi asal-usul Tau Taa Wana hanya teridentifikasi sampai pada
watumoana. Lihat misalnya Tim PCLP Dinkesos Sulteng, , Pengkajian Calon Lokasi Pemukiman
Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Wana (Tau Taa) di Lokasi Mpoa, Desa Bulan Jaya, Kecamatan
Ampana Tete, Kab. Poso, Propinsi Sulawesi Tengah, Laporan Hasil Pengkajian, Dinas Kesejahteraan
Sosial Daerah Propinsi Sulawesi Tengah, 2003, halaman 12.
24
menggunakan bintang tiga); Sansambalawa dengan Adimaniyu (merantau ke tanah
cina dengan menumpang bintang tujuh), serta Lapabisa dengan Vumpuangka
(merantau ke tanah jawa dengan menggunakan kapal).
Perkawinan antara Jambalawa dengan Animasa, membuahkan sejumlah
keturunan. Tiga diantara anak keturunan itu datang kembali ke Burangas (tanah
asal orang tuanya), yakni: Pue Loloisong di Kaju Marangka dan Pue Rorat di Sarambe,
Janggu Wawu di Kaju Marangka. Sedangkan Sansambalawa dengan Adimaniyu
mendapatkan anak bernama Pue Dungola yang sempat datang ke Tongku Tua tetapi
kembali lagi ke Cina.
Pue Loloisong, Pue Rorat dan Janggu Wawu inilah yang diyakini sebagai
leluhur langsung Tau Taa Wana.10) Pue Loloisong, menurut keyakinan umum Tau
Taa Wana dimakamkan di Kayu Marangka, sementara Janggu Wawu menghilang ke
alam lain ketika berada di Gunung Tongku Tua. Sedangkan makam Pue Rorat
diyakini berada dalam gua di puncak gunung Sarambe.
10) Versi lain menyebutkan, Pue Loloisong memiliki adik bernama Adi Banggai yang kemudian
menjadi Raja Banggai. Lihat: Yayasan Sahabat Morowali, Op. cit.







Bagan 1
Silsilah Leluhur Tau Taa Wana

Post a Comment

0 Comments